05/04/10

The Year Of Living Dangerously


Seminggu yang lalu gw hunting buku ke gramedia setelah mempertimbangkan untuk menghabiskan tabungan gw sedikit2 buat beli buku ato tetep hati2 pake tabungan untuk bertahan hidup (lebay, gw kan masih tinggal ma ortu..) sampe gw dipanggil pemprov DKI Jakarta untuk bekerja dan menerima gaji lagi. Di gramedia gw bolak-balik, mondar-mandir, bingung walopun udah ada recomendasi buku bagus dari temen yg freak banget ma buku fiksi (baca : novel), tapi rasanya pengen cari novel yg di luar recomendasi itu, dan bertemulah gw dengan novel aneh (saat itu menurut gw novel ini aneh) judulnya The Year Of Living Dangerously ditulis tahun 1978. Sempet dilarang terbit di Indonesia selama orde baru, dan boleh terbit lagi tahun 1999 setelah orde baru berakhir.

Pertamanya sedikit nyesel gw beli buku ini, agak berat gituu dehh, tapi makin ke sono makin larut ama alurnya yg menceritakan dan menggambarkan kondisi Indonesia di tahun 1965. Menariknya lagi buku ini ditulis ama orang Australia, dan menceritakan orang2 asing yg tinggal di indonesia sebagai jurnalis, wartawan, dan sebangsanya. Jadi gw bisa melihat Indonesia waktu itu dari kacamata orang asing.

Yang bikin gw tertarik lagi adalah buku ini dibikin filmnya tahun 1982. Pemeran utamanya Mel Gibson, dan gw nemu fakta baru lagi ternyata film inilah yang mengangkat nama Mel Gibson di panggung sinema dunia. Gak cuma itu aja, pemain pendukung Linda Hunt dapet Academi Awards tahun 1983 dari film ini untuk aktris pendukung terbaik. Kayaknya gw gak peduli deh ama semua fakta di atas kalo buku dan film ini gak bercerita tentang Indonesia, berlatar Jakarta tahun 1965, serta sarat akan sejarah Indonesia dan Sukarno dan PKI. Setelah melihat trailer filmnya yang dilarang tayang di Indonesia ini di youtube, aduuuh rasanya gimannaa gituu. Gimana nggak 'gimmanna gituu'?? Film ini dibuat di Filipina, karena permohonan untuk syuting di Indonesia tidak dikabulkan, dan pake pemain orang2 Filipina untuk memerankan rakyat Indonesia-mereka kan lebih sipit dari orang Indonesia (khususnya Jawa), dan menggambarkan Jakarta padahal bukan Jakarta, menggambarkan keindahan Bandung padahal bukan Bandung. Haadaaahh!!! O ya ada lagi, di potongan filmnya (lagi2 liat di youtube) ada adegan si pemeran wanita jalan di pasar gitu, trus kedengeran para figuran(sebagai rakyat Indonesia) ngomong 'awas-awas, minggir-minggir' dengan tidak fasihnya, huhu..sapa lagi tu yg ngomong???

Seperti de javu ato apalah namanya (yg ini gw berlebihan mengait2kan hehe..), setelah baca buku ini gw baca bukunya Trinity, dan si Trinity menuliskan seperti ini "Ironisnya, ada film Barat yang jelas2 tentang Indonesia tapi seluruh lokasi syutingnya malah dilakukan di Filipina! Ya, itulah film The Year of Living Dangerously yang dibintangi oleh bla..bla.." Wow, gw pikir hare gene jarang banget yg tau tentang The Year of Living Dangerously ini, jadi ini bukan hal yg biasa, ini sebuah pertanda (padahal kayaknya gw yg norak deh baru tau tentang buku dan filmnya). Bodo amat, yang terpenting gw setuju banget ma Trinity (hebat juga ne orang), seketika gw negfans deh ma mb Trinity hehe... (maksa dan gak nyambung).

Pengen banget nonton filmnya, di mana ya gw bisa dapet?????

3 komentar:

  1. well, pertanda gw harus cepet2 pinjem bukunya dari lo. hahaha..

    pingin filmnya?? donlooot duunk..

    BalasHapus
  2. kayaknya berat... *mikir lagi...

    BalasHapus
  3. hehe iya berat, mending nonton filmnya kayaknya

    BalasHapus