08/04/12

the last critical point

Gw pernah nulis tentang titik kritis hidup yang kedua : ‘menentukan arah jalan hidup mau kerja di mana atau di bidang apa’ (note for my friends). Wejangan dosen dulu semasa kuliah, Pak Agung. Menurut Pak Agung ada 3 titik kritis semasa hidup kita :
1. Menentukan jurusan kuliah
2. Menentukan arah jalan hidup mau kerja di mana atau di bidang apa
3. Menentukan pasangan hidup / lo mau nikah ama sape???? (highlight)
Sebenernya gw sebagai seorang *muda belia yang baru sampe tahap 2nd critical point (*gak muda juga seh, banyak yg lebih muda n have completed their life through the whole critical point, tapi sepakat ajya yaa, 26 is young), gak begitu paham dengan kata-kata dosen gw ini, why are just these 3 points to be critic in our life?. Tapi berhubung dosen gw ini ganteng, baik, excellent, dan sangat pantas dijadikan panutan, serta udah pasti lebih banyak makan asam garam kehidupan, mufakat aja deh ama doi J.
So, being married. Beberapa hari belakangan ini cukup emosional buat gw. Dimulai dari nengokin facebook yang udah jarang banget gw jamah semenjak ada twitter yang juga gak kalah jarang diliat semenjak android gw dicopet (maap curhat). Begitu buka notif, ada 3 undangan nikah dari temen2 kuliah. Sebenernya berlebihan kalo tiba-tiba gw emosional, karena beberapa bulan belakangan ini hampir tiap weekend gw dateng ke resepsi pernikahan, tapi entah yaa, these invitations mengingatkan gw kalo memang sudah saatnya, sampun wayahe, bahkan temen-temen banyak yang udah punya anak. Yang mungkin agak bikin emosional adalah kenyataan we are growing up, this is our time to take the biggest responsibility : build a family. Rasanya baru kemaren kita bersaing ngejar-ngejar dosen untuk asistensi tugas besar, cengengesan di depan himpunan nungguin jam kuliah sambil berdoa semoga dosennya tiba-tiba kena serangan diare mendadak, ato berlomba-lomba menuhin Wisma Gatel (semacem basecamp akademis angkatan) buat ‘katanya seh belajar’ pas musim-musim ujian.
Notification done, lanjut liat home, gak sedikit temen-temen yang share about their cute babies. Terpancinglah gw untuk tracing tentang mereka walopun sekilas. Selalu bikin penasaran anaknya si A kayak apa atau si B junior seperti apa. Teknologi membiarkan gw menikmati kabar temen-temen lama, tanpa harus repot-repot nanya ‘apa kabar? Udah nikah? Udah punya anak? Bla..bla..bla..’. Hehe, its beautiful having a baby ya sepertinya, must be so proud and happy. Tapi, lewat facebook juga barusan gw tau ada kabar duka, there are new parents, si ayah baru n ibu baru ini adek kelas gw dulu jaman kuliah. I don’t know them so well. Yang gw tau mereka udah pacaran dari jaman kuliah. Si ibu meninggal setelah 1 minggu melahirkan anak perempuan mereka. Walopun gak terlalu kenal mereka, tapi ini emosi yang paling emosional yang gw rasakan belakangan ini tentang married, baby, family, n semacamnya. Hardly imagine gimana perasaannya si ayah baru ini (kalo kebetulan baca, very deep condolence for u). Bahagia dan sedih itu 1 paket (kata adek gw, yang gw yakin dia ngutip dari sinetron ato dorama ato entahlah), kita gak akan sedih kalo gak pernah merasakan bahagia, begitu juga sebaliknya.
Mungkin being married is about sharing your love to the one you love (sok tau). Love is about your happiness, your sadness, your fight, your ambition, your money hehe… (mungkin). And the one you love is someone who want to grow old with u (mungkin). Untuk yang udah melalui semua titik kritis, mungkin bisa bernapas lega walaupun semuanya belum selesai dan masih banyak yang harus diperjuangkan. Untuk yang belum tapi udah menemukan the one u love, sabar bapak-bapak ibu-ibu. Untuk yang belum karena belum menemukan someone who want to grow old with you, sabarnya dikuadratin J, benang kusutnya belum terurai untuk menyambungkan kalian.
Tanpa maksud menggurui, gak banyak yang bisa gw tulis tentang this 3rd critical point, karena gw sendiri belum menikah, walaupun gw sudah menentukan dengan siapa gw akan menikah (semoga gak ada aral melintang, walaupun kondisi belum memungkinkan untuk mencapai tahap itu, amiiin). Sebenernya gak mau nulis tentang ini sebelum gw dinyatakan sah jadi istri orang ama penghulu, tapi dorongan untuk menulis tentang ini begitu kuat hehe, supaya gak terlalu sotoy gw banyakin kata ‘mungkin’ yaa…
Love is all around….

2 komentar:

  1. gw juga speechless ve, nggak nyangka ya.. meskipun nggak terlalu kenal sama orangnya.. Kalo gw sih, pertistiwa kayak gini ngingetin gw bahwa hidup tuh bener-bener harus dijalani semaksimal mungkin, karena nggak tau kan umur tuh sampai kapan..
    makanya ve.. ndang kawin, hehehe.. :p

    BalasHapus
  2. harus maksimal, walopun susah untuk orang kayak gw dgn prinsip 'let it flow' hehehe... harus lebih bersemangkaaaa...
    semangka untuk kawin ^_^

    BalasHapus